Bupati Purbalingga Borong Produk Namira di Trade Expo Indonesia 2023

Author:

Category:

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi memborong produk Namira Ecoprint di ajang Trade Expo Indonesia (TEI) 2023 di ICE BSD, Tangerang, Rabu (18/10/2023).

Event tahunan yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan rencananya akan digelar secara hybrid yakni pada 18-22 Oktober 2023 secara offline di ICE BSD Tangerang, sementara 18 Oktober-18 Desember 2023 digelar secara daring.

Bupati Tiwi, begitu dia karib disapa, mengunjungi stan Namira Ecoprint di TEI 2023 usai acara pembukaan. Perempuan ramah ini lalu melihat berbagai produk yang dibuat secara handmade ini.

“Ini bagus. Warnanya bisa keluar seperti ini, ya,” kata Bupati Tiwi seraya tangannya memegang kain ecoprint berbahan sutra.

Bupati Purbalingga Borong Produk Namira di Trade Expo Indonesia 2023
Pembeli dari Sabah ,Lingga dan Eka. foto: namira

Tak banyak tanya, Bupati Tiwi lalu memilih beberapa produk Namira. Dia lalu meminta untuk di-packing sekaligus meminta bill-nya.

Sebelumnya, Bupati Tiwi berbincang dengan Yayuk Eko Agustin Wahyuni, owner Namira Ecoprint. Dia menanyakan proses pembuatan ecoprint. Berikut promosi sampai penjualannya.

Yayuk menceritakan, selain mengikuti pameran, dia juga sering mengikuti misi daganga Jawa Timur bersama Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Lainnya, dia juga melakukan penjualan online via Instagram dam platform digital lainnya.

“Di Butik Kami juga sering dikunjungi tamu-tamu dari berbagai daerah di Indonesia,” jelas Yayuk.

Beberapa tamu penting yang pernah berkunjung ke Namira Ecoprint di antaranya Istri Gubernur Bank Indonesia Ririn Perry Warjiyo, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Ketua BNSP Kunjung Masehat, dan masih banyak lagi.

Selain dari Indonesia, beberapa buyer dari luar negeri juga membeli produk-produk Namira, di antaranya dari Australia dan Malaysia.

Bupati Purbalingga Borong Produk Namira di Trade Expo Indonesia 2023
Ivonne, pemberi yang tinggal di Australia. foto: namira

TEI 2023 dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Jokowi membuka TEI 2023 secara virtual karena masih berada di China sejak 16 Oktober 2023.

Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan harapannya agar TEI 2023 jadi ajang yang dapat memperluas dan meningkatkan pasar, sehingga pengusaha Indonesia, UMKM Indonesia dan Industri produk lokal Indonesia bisa semakin maju dan menjadi bagian penting dari rantai pasok global.

“Era globalisasi dan kompetisi yang semakin ketat kita tidak boleh lengah, kita tidak boleh hanya menjadi pasar, kita harus menjadi pelaku, harus menjadi produsen yang berdaya saing dan menguasai pasar,” kata Jokowi.

Presiden juga mengapresiasi dan menghargai penyelenggaraan TEI ini, yang memungkinkan eksportir Indonesia bertatap muka dengan potential buyer yang ingin melihat produknya langsung, yang ingin melakukan negosiasi langsung. (*)

 

Read More

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini