Keinginan Menjadi Kenyataan

Author:

Category:

Hadirlah dengan membawa ide baru.
Jadikanlah ide itu menjadi sesuatu yang menyenangkan,
lalu wujudkan agar ide itu tidak sekadar ide saja.
(Didik Edy Susilo)

Ide awal membuat ecoprint sejatinya hadir pada saat digelar Lomba Surabaya Smart City (SSC) yang diadakan oleh Pemerintah Kota Surabaya pada Juni 2019. Lomba ini diikuti 1.405 RW di Kota Surabaya secara serentak.

Sebagai Ketua PKK di Perumahan Wisma Kedung Asem Indah, Kelurahan Kedung Baruk, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya, saya berupaya untuk menampilkan produk unggulan dari warga untuk dijadikan salah satu andalan dalam mengikuti SSC tersebut.

Ada beberapa ide yang muncul pada saat itu, kemudian dipilah. Hasilnya produk ecoprint dipilih menjadi salah satu andalan dalam mengikuti lomba tersebut.

Alasan Dipilihnya Ecoprint

Keinginan Menjadi Kenyataan
Produk Namira Ecoprint Surabaya

Ada pun alasan dipilihnya ecoprint sebagai berikut:

1. Proses pembuatannya cukup mudah dan pasti diminati oleh ibu-ibu.
2. Bahan bakunya mudah diperoleh karena terdiri dari kain, daun-daunan serta pewarna alam yang tidak sulit untuk mendapatkannya.
3. Untuk proses produksi tidak diperlukan pemodalan yang mahal.
4. Tidak membutuhkan teknologi yang sulit dalam melakukan proses produksi.
5. Jika hasil produksinya bagus serta berkualitas bisa dipasarkan atau dijual untuk menambah pendapatan para ibu-ibu.

Baca JugaMensos Risma Apresiasi Kehadiran Namira Ecoprint

Karena sudah ditetapkan ecoprint sebagai pilihan, maka tidak ada lagi kata sulit untuk memulainya walau pun pengetahuan serta ilmu tentang ecoprint belum dimiliki sama sekali.

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengikuti pelatihan ecoprint di Jogjakarta. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan pengetahuan serta teknik dasar tentang ecoprint. Saat itu, peserta pelatihan berasal dari berbagai daerah, di antaranya DKI Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

Kemudian dilanjutkan dengan mengikuti pelatihan di berbagai tempat. Bahkan juga sempat mendatangkan trainer ecoprint yang berpengalaman dari Bandung karena didorong oleh keinginan untuk segera bisa menghasilkan karya-karya yang dapat diandalkan untuk mengikuti lomba SSC di Surabaya.

Dengan modal pengetahuan dan pelatihan yang cukup, dimulailah uji coba untuk melakukan produksi ecoprint memang awal kegiatan tersebut. Hasilnya masih kurang bagus. Praktik melakukan kegiatan ecoprint terus dilakukan hampir setiap hari.

Hingga suatu ketika, sudah didapat kepuasan dari hasil proses produksinya walau pun masih jauh dari nilai kesempurnaan dalam seni ecoprint itu sendiri.

Akhirnya, keinginan menjadi kenyataan. Produksi ecoprint telah dapat dilakukan secara terus menerus dan telah diberi label Namira Ecoprint. Ada pun untuk ruang pamernya sudah disiapkan sebuah butik dengan nama Butik Namira Ecoprint.

Read More

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini