Namira Terpilih Ikut Pelatihan Eksportir Kementerian Perdagangan

Author:

Category:

Kiprah Namira Ecoprint sebagai usaha mikro kecil menengah (UMKM) terbukti nyata. Usaha yang didirikan sejak 2019 ini telah berkembang, bertumbuh, dan berbuah.

Prestasi tersebut pada akhirnya membuat Namira dipilih menjadi salah satu UMKM Jatim untuk mengikuto Training of Exporters (TOX) dalam rangka Export Coaching Program (ECP) 2023 di Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan itu digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim menjalin kerja sama dengan Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) Kementerian Perdagangan.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, 9-11 Mei 2023, di Surabaya.

“Kegiatan ini dilaksanaan untuk meningkatkan kinerja ekspor nonmigas melalui strategi penguatan Industri Kecil dan Menengah (IKM) potensial yang berorientasi ekspor,” terang Yayuk Eko Agustin, owner Namira Ecoprint.

TOX ini merupakan tahapan ke-3 dari rangkaian kegiatan ECP Tahun 2023. Adapun peserta yang lolos dan mengikuti kegiatan pendampingan ekspor hingga tahap ke-8 sejumlah 30 peserta.

Penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan bisa mendorong munculnya eksportir baru atau menambah negara tujuan atau pasar ekspor baru.

“Selama penyelenggaraan pelatihan, kami mempelajari berbagai hal terkait ekspor, mulai dari proses persiapan ekspor, mengenal proses kegiatan ekspor, membuat dokumen ekspor, melakukan analisis pasar ekspor bagi produk masing-masing baik di satu negara atau kawasan negara serta mengetahui analisa SWOT dari bisnis ekspor,” beber Yayuk Eko.

Pendampingan yang dilakukan oleh Pemerintah ini diharapkan dapat meminimalisasi permasalahan yang sering dihadapi oleh pelaku usaha karena keterbatasan akses terhadap pasar global.

“Pendampingan secara efektif dan efisien yang berlangsung secara berkesinambungan diharapkan akan meningkatkan kualitas pelaku usaha untuk menyediakan produk yang berdaya saing tinggi di pasar internasional,” ujar Yayuk Eko.

Acara ini turut dihadiri oleh Bapak Kepala Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan Kementerian Perdagangan Sugih Rahmansyah, para praktisi dan coach pendampingan ekspor, serta pelaku usaha peserta ECP. (*)

Read More

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini